= | =
Saturday, December 4, 2010

MEMBUAT EFEK KARTUN

Download MEMBUAT EFEK KARTUN
Pada tutorial kali ini, saya gunakan untuk membahas cara membuat efek kartun. Efek ini lumayan rumit pembuatannya. Untuk dapat membuat efek ini, sebelumnya harus lebih dulu memahami penggunaan palet layer, pembuatan garis dan shape dengan Pen tools, dan pemilihan warna. Selain itu, jika mempunyai pengetahuan tentang anatomi wajah / tubuh manusia, akan merupakan sebuah ketrampilan tambahan yang berguna.
Pada efek kartun kali ini, kita akan membuat banyak bentuk-bentuk secara manual menggunakan Pen Tools. Tehnik seperti ini ada juga yang menyebut sebagai tracing, vektor. Sebenarnya, tehnik seperti ini akan lebih cocok bila dijalankan pada Adobe Illustrator. Namun karena pokok bahasan kita adalah Photoshop, maka sekarang kita coba menggunakan Photoshop saja, walaupun tentunya cara pembuatannya akan lebih rumit.

Langkah pembuatan trace pada foto

Langkah 1
Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. Pada contoh tutorial ini, saya menggunakan foto saya sendiri.

Langkah 2
Pilih menu Image > Adjustment > Posterize. Isikan nilai yang kecil. Misalnya 6.


Tujuan langkah ini adalah untuk mengurangi jumlah warna yang digunakan.

Langkah 3

Duplikat layer foto yang sudah diposterize ini
Pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur nilai Radius secukupnya, sambil melihat gambar aslinya (jangan melihat gambar preview pada kotak dialog Gaussian Blur). Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar muncul perbatasan yang lebih tegas pada tiap warna yang ada.

Langkah 4
Sekarang kita mulai langkah pembuatan layer untuk melakukan trace. Pilih Pen tools pada tool box photoshop (lingkaran merah pada gambar tutorial photoshop di bawah ini).
http://dendymarfian.blogspot.com
http://dendymarfian.blogspot.com
Kemudian lakukan pengaturan pada option bar. Pilihlah icon Shape layers (gambar lingkaran biru). Klik icon segitiga geometri option (gambar lingkaran hijau), kemudian beri tanda cek pada pilihan Rubber Band.

Langkah 5
Buatlah bentuk shape menggunakan Pen tool. Buatlah mengikuti bentuk wajah pada foto.


Buatlah garis path ini melingkar hingga menyambung dari titik awal sampai akhir, sehingga terjadi sebuah bentuk bangun, dan beri warna sesuai dengan warna yang kita inginkan.

Langkah 6
Ulangi langkah ke-5, Hingga terbentuk gambar spt di bawah ini.


 
 
Sebagai panduan dalam memilih warna-warna kulit, berikut ini saya sertakan beberapa warna yang bisa Anda gunakan atau anda dapat mencari warna sesuai selera anda.

0 komentar:

Thank's All

Time is Money

Content Blog

Adsense Indonesia
TUKERAN LINK
dendymarfian.blogspot.com

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!

dendy blog's. Powered by Blogger.
SEO Stats powered by MyPagerank.Net